Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Terbaru » Jenis Mainan Playground yang Cocok Untuk Anak Usia 3-5 Tahun

Jenis Mainan Playground yang Cocok Untuk Anak Usia 3-5 Tahun

Diposting pada 29 Juli 2022 oleh admin

Jenis Mainan Playground yang Cocok Untuk Anak Usia 3-5 Tahun-Tlpn/Wa 08562956848

Sebelum mengetahui jenis mainan playground apa saja yang cocok untuk si kecil, ada baiknya mengetahui kapan buah hati Anda boleh diperkenalkan pada playground. Mau itu indoor atau outdoor.

Playground ada di tempat umum. Bagi orang tua yang khawatir di masa pandemi, dapat menyediakan tempat bermain tersebut di rumah, atau mencari wahan aman terpercaya dikelola.

Menurut para ahli, mengenai usia berapa anak-anak boleh diperkenalkan pada tempat bermain tergantung dari fasilitas playground tersebut. Karena pada dasarnya, terdapat permainan untuk anak usia di bawah satu tahun.

Karena pada umur 6 bulan, buah hati telah mampu tengkurap dan tangkap merespon. Tetap saja, meski sudah lebih kuat, bayi 6 bulan harus berada dalam pengawasan bermain.

Umur di bawah satu tahun, diperbolehkan mengenal taman bermain asal fasilitas permainan sesuai. Untuk itu, tempat bermain-main atau produsen playground haruslah terpecaya demi keamanan si buah hati.

Selanjutnya, terus awasi si kecil. Jangan lepaskan perhatian Anda atau pengasuh darinya. Meski playground telah dbuat seaman mungkin, tidak ada salahnya orang terdekat melakukan pengawasan ekstra.

Mengenakan pakaian tepat juga harus diperhatian. Ini untuk menghindari iritasi pada kulit anak-anak namun jangan juga terlalu longgar. Outdoor dan indoor, terdapat jenis mainan playground sesuai dengan umur 3-5 tahun.

Jenis Mainan Playground yang Cocok Untuk Anak Usia 3-5 Tahun

Jenis Mainan Playground yang Cocok Untuk Anak Usia 3-5 Tahun

Jenis Mainan Playground yang Cocok Untuk Anak Usia 3-5 Tahun

Jenis Mainan Playground yang Cocok Untuk Anak Usia 3-5 Tahun

Jenis Mainan Playground yang Cocok Untuk Anak Usia 3-5 Tahun

Jenis Mainan Playground Outdoor

Ada beberapa jenis mainan playground outdoor untuk umur 3-5 tahun buah hati Anda. Tiap permainan tersebut masing-masing memiliki tujuan untuk melatih motorik halus, kasur, kognitif serta sosial.

  1. Perosotan

Usia 3 sampai 5 tahun merupakan masa di mana anak semakin mengembangkan koordinasi gerakan serta kemampuan bersosialnya. Perosotan mampu melatih keseimbangan mereka serta keberanian. Ditambah memupuk kesabaran ketika mengantre.

  1. Jembatan Pelangi

Permainan ini berupa tangga setengah oval. Dinamai pelangi karena memiliki beraneka warna seperti pelangi. Selain meningkatkan keberanian dan juga keseimbangan, jembatan pelangi mengasah indra penglihatannya.

  1. Bola Dunia

Dinamakan bola dunia karena bentuknya yang besar, cocok melatih otot fisik si kecil. Seperti permainan di atas, bola dunia mampu memupuk keberanian karena harus memanjat ketinggian, ditambah mengasah ketangkasan.

  1. Panjat Tambang

Jenis mainan playground outdoor lainnya adalah panjat tambang. Dengan bermain panjat tambang, anak semakin mahir mengkoordinasi gerakan tubuh mereka. si kecil berani mengambil tantangan melawan ketakutannya.

  1. Terowongan

Meski terowongan sudah bisa dimainkan oleh anak usia 2 tahun, tapi terowongan juga sangat cocok di umur 3-5 tahun. Itu karena anak dituntut memecahkan masalah dengan mencari jalan keluar mereka.

  1. Jembatan Goyang

Di desain untuk menambah keberanian. Si kecil ditantang untuk mengatasi keraguan mereka dengan memainkan jembatan goyang. Ia juga dituntut melatih keseimbangan serta koordinasi gerakan tubuh dan mata.

Jenis Mainan Playground Indoor

  1. Perosotan

Tidak jauh berbeda dari jenis mainan playground outdoor, indoor juga memiliki tujuan sama untuk anak usia 3-5 tahun. Perosotan bisa dimainakan dalam ruangan. Bedanya, perosotan indoor lebih kecil.

Selain itu, perosotan indoor umumnya dapat dipindahkan sesuai keinginan. Ukurannya jauh lebih ringan namun tetap kokoh menahan bebab meski terbuat dari bahan plastik aman bagi anak.

  1. Ayunan

Permainan yang satu ini juga biasanya ada pada taman bermain luar ruangan. Tapi tidak menutup kemungkinan dimainkan dalam ruangan. Lalu, biasanya bahan ayunan terbuat dari plastik sehingga lebih ringan.

  1. Rumah-rumahan

Umumnya, rumah-rumahan dilengkapi dengan terowongan serta matrass pelindung. Matrass berguna untuk melindungi anak dari kejatuhan ketika ceroboh saat sedang bermain. Ada pula yang dilengkapi peralatan memasak di dalamnya.

  1. Mandi Bola

Permainan ini memang sudah bisa dimainkan oleh anak usia 2 tahun. Tapi umur 3 sampai 5 tahun masih cocok memainkannya karena manfaat dari mandi bola tersebut.

Manfaatnya dapat berupa pengasahan indra penglihatan dengan warna warni bola yang cerah. Motorik halus anak semakin meningkat dengan memegang bola-bola kecil di sana. Sisi sosialnya turut berkembang karena teman-teman seusia.

  1. Trampoline

Jenis mainan playground lompat ini tidak hanya bisa dimainkan luar ruangan, namun sekarang telah ada di dalam ruangan. Tentu saja, trampoline indoor dilengkapi pengaman agar anak-anak tidak melompat kelewatan.

Manfaat Mainan Playground

Tidak dapat dipungkiri, mainan merupakan suatu alat edukasi penuh manfaat untuk anak-anak. Semua jenis mainan playground memiliki manfaat bagi si kecil tumbung kembang sampai ia memasuki umur pra sekolah.

Latihan tersebut bukan hanya secara motorik halus, namun juga melatih motorik kasar. Tidak berhenti sampai di situ, kesabaran, keberanian, tantangan, pemecahan masalah turut diasah sambil bermain.

  1. Kreativitas

Ada saja tingkah anak-anak yang terkadang menunjukkan kreativitasnya. Namun dengan bermain di berbagai jenis mainan playground, ia semakin baik dalam hal mengasah kreativitas tanpa batas.

  1. Konsentrasi

Bermain bukan hanya soal bermain. Tapi bermain mampu meningkatkan daya kosentrasi mereka. Seperti halnya menaiki wahana perosotan, anak diharuskan berkonsentrasi ketika menuruninya sampai kaki kecilnya menapak di tanah.

  1. Meningkatkan IQ dan EQ

Ada banyak jenis mainan playground yang meningkatkan IQ serta EQ anak. Kebanyakan orang tua pasti lebih memetingkan IQ. Padahal, EQ salah satu aspek penting dalam tumbuh kembang anak-anak.

  1. Menyelesaikan Masalah

Saat bermain, bauh hati Anda tidak jarang akan menghadapi sebuah permasalahan. Di sinilah ia ditugaskan untuk meyelesaikan masalah tersebut. Semua tantangan yang berhasil ia selesaikan akan menjadi suatu pembelajaran baginya.

  1. Panca Indra

Seperti di awal, bukan hanya motorik halus, tapi dengan bermain melatih hampir semua yang ada di seluruh tubuhnya. Semua panca indra si kecil terlatih sambil bermain sendiri atau bersama teman.

Alasan Playground Cocok Untuk Usia 3-5 Tahun

Alasan berbagai macam jenis mainan playground begitu diminta tentu saja karena segudang manfaatnya pada tumbuh kembang anak Anda. Bagi yang tidak memiliki lahan cukup, bisa mengajak anak ke taman bermain.

Sebelum itu, carilah taman bermain umum yang menggunkan jasa produsen playground terpercaya, aman dari segi bahan juga pembuatan. Serta mematuhi protokol kesehatan agar anak Anda terhindar dari virus penyakit

  1. Bermain Sambil Belajar

Alasan mainan playground cocok dan diminati adalah karena anak-anak bisa bermain sambil berlajar. Sebagai orang tua pasti ingin memberikan sarana bermain sekaligus berlajar bagi putra putrinya.

Beberapa macam aneka permainan berupa perosotan, ayunan, terowongan, mandi bola, rumah pohon, panjat dinding dan lain sebagainya. Dari semua fasilitas, buah hati bisa belajar berbagai macam hal.

  1. Bebas Bereksplorasi

Di area permainan yang luas, jiwa mengeksplorasi anak-anak akan semakin meningkat. Rasa penasaran mereka timbul dan keinginan untuk memecahkan suatu masalah terpupuk. Kebebasan seperti ini sangat penting dalam perkembangannya.

  1. Membantu Perkembangan Otak

Usia 3-5 tahun adalah rentang di mana ia sedang mempersiapkan diri memasuki usia pra sekolah. Usia di mana ia mulai fokus belajar sungguh-sungguh. Playground merupakan pilihan tepat membantu perkembangan kecerdasan.

  1. Komunikasi

Umur 3 sampai 5 tahun adalah masa anak-anak mengumpulkan kosa kata mereka. Dengan memainkan bermacam jenis mainan playground, mampu membantu kelancaran komunikasi anak karena bersosialisasi dengan temannya.

Artikel Terkait Lainnya : Bahan Mainan Anak Outdoor Dijamin Aman dan Awet

Keyword: Jenis Mainan Playground

Diskripsi: Mengetahui macam Jenis Mainan Playground untuk si kecil. Serta manfaat yang didapat dari permainan playground indoor maupun outdoor.

Bagikan informasi tentang Jenis Mainan Playground yang Cocok Untuk Anak Usia 3-5 Tahun kepada teman atau kerabat Anda.

Jenis Mainan Playground yang Cocok Untuk Anak Usia 3-5 Tahun | 08562956848 Produsen Playground

Belum ada komentar untuk Jenis Mainan Playground yang Cocok Untuk Anak Usia 3-5 Tahun

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami
Open chat
Selamat datang di Semesta Playground, te
Selamat datang di Semesta Playground, terima kasih sudah menghubungi customer servis kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan